Saturday, January 31, 2015

candy oh candy

Bismillahirrahmaanirrahiim

eh eh ini bukan ngomongin kartun candy candy kok
ini tentang permen...

duluuu saya sangat menyukai permen..
apalagi permen karet Yosan... sebener sih cuma penasaran mau ngumpulin semua hurufnya aja
waktu SD pulang sekolah kucluk2 lari ke waring rokok depan jalan untuk beli segepok permen yosan... yup beneran banyak banget belinya.. apalgi kan cuma 25 perak dulu harganyaa...

selain itu ya permen apa aja suka...
terutama trebor

nah pas SMA di kantin sekolah kebetulan selalu jual itu permen..
dan saya jadi pelanggan setia...

tapiii... sama setianya sariawan mampir setiap saat...
kalo udah sariawan, rasanya senyum aja sussaaahhh
yang ada temen2 jadi seneng ngerjain saya berusaha bikin saya ketawa...
atau cubit2 pipi saya yang saat itu memang masih chubby :P

Dan saya telat banget sadarnya bahwa ternyata yang bikin sariawan itu
adalah permen ...
sejak sadar itu, saya agak musuhan dengan permen...
gak mau lagiiii...

karena agak, ya kadang2 sesekali tergoda..
terutama kalau ada permen kopiko..
krn pada dasarnya saya pecinta kopi :D

nah karena saya menyadari saya sangat sensitif dengan permen,
saya jadi protektif ke sayyid..
bisa dihitung dengan jari saya beliin sayyid permen, itu pun Yupi aja

Dan sayyid tahu banget kalau saya gak izinin dia beli permen..

Sayangnyaaa, teman2 sayyid pecinta permen...
memang dia gak beli, tapi sering dikasih temen...
apalagi kalau ada acara ulang tahun, di bingkisan kan biasanya ada permen
nah itu Sayyid happy super super.. udah kayak abis menang undian 1 Milyar hahaha...
langsung dibuka semua permen yang ada
dan dimakan saat itu juga

dan sudah saya duga, sensitifitas saya terhadap permen menurun ke sayyid...
gak perlu lama sampai sayyid mengeluh sariawan...
yang ada jadi susah makan...

ada cerita yang menarik...
saya agak lupa cerita awalnya,
yang pasti berhubungan dengan pembahasan tentang syurga
kebetulan saat itu nenek (ibu mertua) sayyid telah berpulang...

saya bilang ke sayyid untuk jadi anak sholeh, baik, biar bisa masuk syurga nanti
ketemu nenek... di syurga nanti aid bisa makan apa ajaa, termasuk permen
dan kalau di syurga permennya gak bakal bikin sakit...

dan kata-kata itu terekam dengan baik...
dan kalau lagi sadar, kalo sayyid ditawain permen, dia akan bilang "kalau di syurga permennya gak bakal bikin sakit ya mmy? kalo di warung bikin sakit"

#eeh bengong lah saya

nah kira2 tahun lalu.. karena sempat ketagihan permen, sayyid sempat melakukan hal yang tidak patut...
minta jajan, bilangnya untuk beli makanan, tapi gak taunya beli permen, dan dia ngumpet makannya di rumah tetangga...

awalnya dia bohong, gak mau ngaku kalau beli permen, lalu saya katakan ke sayyid, "ummy lebih suka kalo aid ngomong jujur tapi salah, dari pada bohong. karena ummy tahu aid bohong. kalo jujur gak akan dimarahi"
dan saya lebih takut sayyid jadi suka berbohong ketimbang sariawan karena makan permen

akhirnya dia mengaku...

saya berusaha untuk tidak memarahi karena dia berani jujur.. hanya memberi peringatan... 
sampai akhirnya kejadian dia sariawan lagi...
"nah kan itu akibatnya makan permen...
masih mau jajan permen??" nggak katanya...

bberapa kali diulang lagi memang..tapi semakin lama semakin berkurang dan semakin sadar...

setidaknya dia sadar untuk jujur dan minta maaf. seperti hari ini..
dia minta jajan..
pulang jajan, dia dateng dan bilang "mmy maaf yaa tadi aid beli permen.. aid lupaa" haha
yaa sudah "iya gpp... tapi besok jangan lagi yaa"

begitulah...  dari sebuah permen, bisa mendorong anak untuk berlaku baik dan tidak baik...

semoga seterusnya jadi anak yang jujur...

No comments:

Post a Comment