Sunday, May 1, 2016

Proses Melahirkan Anak Ke#3 sponsored by BPJS


Assalaamu'alaikum wrwb

Jadi saya mau cerita tentang proses melahirkan putra ke#3 saya.. Perkenalkan dulu namanya Mohammad Salman Sanjaya al-Fadil. Lahir tanggal 15 April 2016 dengan operasi caesar di RS Hermina Galaxy Bekasi. detail BB segala macam bisa dilihat di foto :D 

Okeh lanjut aja yaaaaaaaa....
Sebelumnya sejak pertama kali tahu hamil, saya periksa rutin di RS Karya Medika Bantar Gebang. Itu RS dekat rumah. Pilih cek di situ, karena ya dekat rumah hehe.. dan ada dokter perempuannya..
Dokternya bernama dr. Fitri Rajasa SpOG. Kebetulan beliau juga anak dari pemilik RS tersebut beserta jaringannya. Dokternya buaaiiik banget.. masih muda, cantik, informatif... pokoknya aku cocok sama beliau ... Biaya sekali kontrol juga termasuk murah, sama vitamin cuma 200ribuan. Etapii RS tersebut belum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Kalau BPJS Ketenagakerjaan siih udah.. kebetulan kantor suamiku salah satu peserta yang sudah bekerjasama dengan RS tersebut. 

Jadi, karena kemungkinan besar anak ke3 dilahirkan dengan sc kembali (karena 2 anak sebelumnya juga SC), maka selain kontrol ke RS KarMed, kami juga sesekali kontrol ke Faskes 1 (Klinik Amuna Medika) supaya nanti kalau mau minta rekomendasi RS utk dilakukan sc bisa lebih mudah. Kalau di faskes 1 kan paling rekam jantung bayi, cek standard dan dikasih vitamin gratis yang jumlahnya cuma 5 butir per resep.

Nah, di usia kandungan sekitar 32 minggu... kami nanya dulu ke dr Fitri... kalau kami mau pindah RS karena mau sc pakai bpjs kira-kira bagaimana... dr. Fitri sangat memahami.. bahkan beliau kasih info klau mau bisa juga ke karya medika cikarang... hehe jauh bingits..
karena prediksi 22 April, maka beliau menyarankan utk periksa di RS tujuan nanti mulai Maret..

Yasudah karena keterbatasan waktu, kmi kontrol ke faskes pas hari Sabtu 27 Februari. niatnya mau kontrol ke RS nya sabtu or minggu. ternyata surat rujukan dr RS itu berlaku 1 bulan . sedangkan 27 feb itu udah akhir bulan, jadi ya nanggung nanti Maret periksa lagi... jadi batal deh ke RS nya...

terus kami ke Faskes lagi Selasa 8 Maret 2016.. akhirnya dapet deh surat rujukannya... jadi habis dari Faskes langsung meluncur ke RS Hermina Galaxy..
Ehya, beberapa pertanyaan dari teman. kenapa bisa ke RS Hermina Galaxy?
Jadi dari Faskes sudah ada daftar pilihan RS rujukan. dari kelas A/B/C...
dari sekian banyak pilihan, kami pilih RS Hermina Galaxy atas rekomendasi bidan sebelah rumah...
pun RS tersebut di tengah2 antara rumah kami (Bantar Gebang) dan rumah orangtua (Pondok Gede).
Selain RS Hermina Galaxy, ada RS Thamrin Cileungsi, Elizabeth, Hosana Medika, Marry, dll yang lebih deket dari rumah sebenarnya... tapi kalau di Hermina Galaxy, pilihan dokternya buanyaak dan tentunya banyak dr perempuannya...
kalau di thamrin gak ada dsog perempuan...

Nah terus sampai deh di Hermina Galaxy.. ternyata peserta BPJS harus daftar dulu khusus antrian BPJS. Lokasinya ada di lantai 2.. dan ituuu antrian puenuuuh bangettt...
pendaftaran hanya buka Senin-Jumat jam 8 sampai jam 3 sore...
kasirnya hanya 1.. Saat itu kalau gak salah dapat nomor antrian di atas seratus deh...
jadi ada kali 2 jam nungguin sampai dipanggil cuma untuk registrasi.
Yang kasihan sih anak2... udah bueteeeee... tapi akhirnya bikin Sayyid kapok gak mau ikut2 lagi di kontrol selanjutnya :D

Terus daftar..
diminta menyerahkan rujukan asli dari faskes, fotokopi rujukan 3x, fotokopi kartu BPJS 3x.
Terus pilih deh dokternya... Alhamdulillah dapat dokter perempuan dr. Marliana Ritung, SpOG
prakteknya mulai jam 1 siang... Jadi bisa hari ini juga langsung periksa.. Sedangkan banyak juga pendaftar yang cuma antri daftar hari ini, periksanya bisa besok karena memang tidak ada jadwal hari ini..

Setelah daftar di lantai 2, masih harus daftar lagi di loket pendaftaran umum. kalau ini sih ya cepet.. terus habis itu cek tensi dan timbang dulu di Nurse Station..

Lalu setelah sempet muter Galaxy untuk sholat di masjid dan cari makan...
jam stg 2 aku dipanggil...
Seriously, aku deg2an bangett... takut banget kalau dilayani tidak ramah karena status pasien BPJS seperti cerita2 yang beredar...
tapi Alhamdulillah dokternya suangaaat ramaah...
pemeriksaaannya juga gak dibedakan, tetep USG 3D, konsultasi dan lain2 dengan pelayanan sama kalau periksa di RS secara pribadi..

terus, jadwal kontrol harusnya 2 minggu lagi, tapi karena dokternya cuti maka diundur jadi 3 minggu lagi 29 Maret ..

Setelah kontrol langsung ke kasir, cuma untuk nyerahin dokumen2 dan pastikan surat rujukan asli faskes dibawa kembali... kalau ada resep bisa ke bagian farmasi dulu... dan itu semua full free...

Selama jeda tersebut, aku sempat mengalami sejumlah keluhan.. kontraksi palsu, tiba2 wasir, dan lain2..
jadi sempet periksa ke faskes aja..
dan di sinilah sempat terjadi sebuah kesalahan prosedur... faskes ambil balik surat rujukan asli entah mengapa...

jadi pas balik 29 Maret sempet bingung juga... karena tetap harus ada rujukan asli...
tapi Alhamdulillah gak diperumit.. emang udah terlanjur diambil ya mau diapain lagi...
jadi tetap bisa kontrol ke RS Hermina Galaxy di hari yang sama...
Untuk kali ini, gak bawa anak2 lagi...
Tapi sempet mampir dulu ke bank, jadi sampe RS udah kesiangan dan dapat nomor antrian BPJS panjang bangettt...
udah deg2an karena udah lewat jam stg2 baru dipanggil, takutnya dr Marliana udah keburu pulang...
tapi Alhamdulillah masih ada... dan ternyata dr nya sedang ada operasi, jadi akhirnya emang sekitar jam stg4 baru dipanggil ...

Setelah konsultasi, USG dan lain2... hari itu juga ditentukan jadwal operasi sc..
Dengan prediksi 22 April, sebelumnya dr Fitri kasih rekomendasi operasi sc dilakukan di minggu ke-38 jadi 2 minggu sebelum 22 April yaitu sekitar 8 April..
Karena aku masih ngarep bisa lahiran normal, aku minta seminggu sebelum 22 April aja.. jadi tanggal 15 April hari Jum'at.
Kenapa pas hari Jum'at? kenapa gak tanggal 18 April aja biar sama kayak ulang tahun aku? #gyaaah
alasan utama pilih Jum'at karena babehkuuu cuma libur kerja di hari Jum'at. jadi berharap bapak bisa nengok di hari aku operasi :D #manjabener

Kontrol selanjutnya dijadwalkan Senin 11 April 2016 untuk persiapan sc di hari Jum'at nya.
Sebelum pulang seperti biasa ke kasir dulu, tapi karena dikasih resep vitamin, jadi ke farmasi dulu. dan itu full free yaa :)

Karena jadwal sudah fixed, maka saya pun bisa mengajukan cuti ke kantor...
saya ajukan cuti mulai 11 April jadinya :D
sedangkan tanggal 1 sampai 10 April saya minta kerja di rumah saja.. Udah gak kuat ke kantor naik sepeda listrik.. meskipun cuma 10 menit.. berasaa kayak mempertaruhkan nyawa ajaa kalau masih nekad kemana2... lah jalan aja udah berat banget... di rumah juga tiduran mulu akhirnya...

Teruss... apalagi ya...
ohya seperti yang saya sebutkan di atas, 1 surat rujukan berlaku hanya untuk bulan yang sama.
Jadi untuk kontrol dan sc di bulan April, saya harus minta surat rujukan lagi dari Faskes 1.
Niatnya sih nanti aja deket2 tanggal 11 mintanya,
tapii karena udah sering kontraksi palsu dan aku taakuut banget kejadian kayak waktu melahirkan Sahal dulu, jadi dipercepat minta rujukan ke Faskes nya.. meskipuuun kalau memang situasi gawat darurat, kartu BPJS bisa berlaku tanpa prosedur rumit di UGD RS manapun...

Jadi once again ke Faskes 1, minta doa restu dari dokter klinik dan surat rujukan tentunya... jadi in case ada situasi tertentu, udah siap dengan surat saktinya :D

Nah seharusnya kontrol tanggal 11 kan ya... tapiiiiiiiiii sejak tanggal 6 itu saya serring kontraksu palsu.. sampe gak bisa tidur... doa saya saat itu.. semoga saya tetap bertahan sampai tanggal 15... padahal maish kepengen lahiran normal, tapi terus terang pengalaman emergency dengan Sahal sebelumnya bikin takut jugaa... beeeuuh udah mules kayak apaan tahu, ujung2nya berakhir di meja operasi juga kaan... dan akuu takuut bangett kalau situasi darurat, harus ninggalin anak2 malam2 misalnya... sedangkan di rumah gak ada yang jagain... musti ngetok2 pintu tetangga tengah malam misalnya... terus anak2 kebangun panik karena gak ada umi abinya rasaaanyyaaa gak tegaaaaa...
jadi pas mules2 gak jelas malam2 itu, aku malah makin gak bisa tidur karena kepikiran ketakutan2 macam itu...

Akhirnya aku minta dianterin suami hari Jum'at nya aja tanggal 8...
bidan tetangga juga udah kasih warning... supaya minta dicepetin aja sc nyaa... toh udah masuk 38 minggu... takut kontraksi terus akhirnya bikin bekas sc nya robek..
jadi kami ke RS udah prepare tas gembolan untuk nginep...

jadi tanggal 8 ke Hermina lagi...
Setelah antrian di atas lagiii... ternyata dr Marliana nya emang gak ada... dan gak ada dokter perempuan yang available... ada sii tapii dokter tersebut gak bisa nerima pasien BPJS (don't ask me why.. seriously I dont know the reason is). tapii setahuku dokter tersebut memang dokter favorit.. kalau kata temenku, pasien umumnya aja udah banyak banget, kalau ditambah pasien BPJS tambah banyak antriannya...

terus yang ada dokter laki2... itu pun malam...
jadi galau.. terus ditanya sama mbak BPJS nya.. keluhannya apa, memang jadwal kontrolnya kapan?
terus aku jelasin blablabla.. dan beliau menyarankan untuk konsultasi ke bidan di bawah aja dulu...

Yaudah meskipun udah dijadwalin ke dokter Mathius, aku konsultasi dulu ke bidan jaga ...
akhirnya aku dibawa ke ruang persiapan persalinan untuk ngecek kondisi aku dan bayi... cek CTG, tensi dan lain-lain... kalau kondisinya memang gak oke, bisa dipercepat jadwal SC nya...

Suami yang bolak balik ke bagian pendaftaran untuk peserta BPJS nya...
dan aku prepare di ruang tersebut...
Jam 2an mulai dicek dengan CTG, cek tensi dan lain-lain..
Alhamdulillah kondisi bayi masih normal, everything still okay...
jadi gak ada alasan untuk mempercepat jadwal SC... karena sayang usia kandungannya belum terlalu matang.. lebih baik ditunggu sampai minggu depan...
Alhamdulillah bisa pulang duluuu
jadi tetep lanjut kontrol hari Senin tanggal 11...
Setelah itu seperti biasa ke kasir terus pulaang...

Kemudian tanggal 11...
kembali ke prosedur seperti biasa .. antri di atas, daftar, cek tensi terus nunggu dipanggil dr Marliana...
Setelah cek ini itu, dr Marliana nyiapin surat referensi untuk jadwal SC hari Jumat tanggal 15 April pukul 07.30 pagii..
karena jadwalnya pagi, kami diminta datang Kamis sorenya untuk persiapan SC...
jadi mulai nginep Kamis, pulang insyaAllah Minggu..
Ohya, aku juga minta dipasang IUD setelah operasi nanti... Wuiih IUD lagi? gak kapok? ahh sudahlaah malas bahasnyaaa .. namanya juga ikhtiar :D
Nah IUD tentunya gak dicover BPJS, jadii ini akan kami bayar sendiri.. sekitar 500ribu termasuk alat dan biaya pasang...

terus suami sempet dikasih tahu temannya, kalau temannya pakai plester apa gituu yang dipasang di dada setelah operasi untuk mengurangi nyeri seketika...

kata dokternya itu namanya BioTech.. dan tentu gak dicover BPJS.. tapi gak tahu juga harganya...
bisa ditanya nanti di pendaftaran..

setelah selesai konsultasi dengan dr.. masih dilanjutkan dengan urus administrasi ini itu...isi surat pernyataan yang lumayan banyak kertasnya (serius BPJS itu boros banget kertas :D), cek lab, dan lain sebagainya... yang lumayan makan waktu banyak bangett... sampe mau ketemuan sebentar aja sama temen di depan RS aja gak bisa... jadi itu dari pagi baru selesai menjelang Maghrib :D

Selesai urusan ini itu dan dapat hasil lab (alhamdulillah hasil lab normal semua), seperti biasa ke kasir terus puulaang...

Ohya balik lagi ke Biotech... entah mengapa di RS ini kalau mau pakai Biotech harus upgrade kelas dulu ke kelas VIP dan itu mahaaaaaaaaaaaallll... padahal di RS temen suami, cuma beli aja Biotech nya seharga 300ribuan ... jadii yasudah batal aja.. jadi cuma nambah IUD ajaa

dah selesaiii

Mulai deh tanggal 14 April 2016
Setelah sesenggukan ngelepas Sayyid Sahal ke Ibu pengasuh. Ini drama bangett.. Sahal nangiss... Sayyid mah happy2 ajaa... terus aku nangis sesenggukan di pelukan suami... gak pernah ninggalin Sahal terutama sampai berhari2...
dan kenapa gak ke rumah orangtua aja di Pondok Gede? pertama Sayyid udah sekolah, kedua Sayyid gak mau di sana karena gak ada temannya... sedangkan sama Ibu pengasuh udah deket banget.. jadi aku udah percayaaa bangett sama beliau..

oke lanjut ke RS setelah sholat ashar di Masjid Galaxy, langsung ke pendaftaran ... booking kamar... sebenere kelas BPJS kami kelas 1, tapiii kami dapatnya kelas 2... gakpapa laah... daripada gak dapat sama sekali... itu pun 3 bed aja kok.. jadi insyaAllah nyaman...

terus once again urus ini itu... dan ternyata segala surat pernyataan yang aku isi Senin kemarin itu pada gak ketemuu.. jadi musti diisi ulang lagi (boros kertas lagii niih :D)
Suami juga sempet beli IUD ke farmasi (yang ini tentu bayar sendiri yaa)
habis ituu pasang gelang pasien, terus cek CTG lagiii ... dan siap2 ke kamar di lantai 4...
Saat itu cuma kami yang masuk kamar tersebut.. 3 bed tapi kamarnya luas.. jadi nyaman banget.. malah lebih luas daripada Hermina Grand Wisata... kamar mandi tentu ada di dalam donks..
ohya gak lama datang pasien lain yang juga jadwal SC besok tapi dengan dokter berbeda...

Lalu aku keroncongaan.... laper beratt... ternyata aku akan dikasih makan nanti tengah malam... karena harus puasa 6 jam sebelum operasi, jadi katanya biar gak terlalu lapar besonya makannya tengah malam aja.. lha iyaa tapi udah lapar berattt gimana? ya jadi suami beli aja deeh.. mie ayam jadinya :D
jam 11 malam baru deh makanan datang.. menunya nasi goreng .. aku makan setengahnya aja karena udah ngantuuuuuuukkk...

Alhamdulillah bisa tidur nyenyak sampai subuh...
Sholat, mandi dan siap2 untuk dipasang selang infus, cek tensi segala macaam...

Jam 7 an pindah ke ruang persiapan untuk ganti baju ...
jadwalnya 7.30 tapii diundur jadi 8.30
Masuk ruang operasi gak sempet pamit dulu sama suami yang entah lagi di mana...
Dan terjadilah dengan prosedur yang sama seperti 2 operasi sebelumnya...
takut? yaa takuut bangett... apalagi dengan rumor kalau BPJS itu begini begitu blablabla..
Tapi Alhamdulillah Mohammad Salman Sanjaya al-Fadil lahir tepat pukul 09.25..
terus Alhamdulillah ngerasain juga sensasi IMD .. meskipun gak lama karena Salman udah putih pucat banget kulitnya karena super kedinginan... dan aku pun mulai merasa sesak... Nah ini yang beda dari 2 operasi sebelumnya, kenapa yaa aku gak dikasih selang oksigen?

dah selesaii... balik lagi ke ruang observasi... dan di sinilah drama terjadi...
kalau 2 operasi sebelumnya bikin aku muntah gak karuan, di operasi yang ke 3 ini aku merasakan sensasi seperti orang mau meninggal.. diiinggiiiin menggigilll... aku pikir karena AC aja... tapi diinget2 di salah satu surat pernyataan kemarin bahwa efek obat bius bisa jdi mengigil..
dan itu yang terjadi.. jadi aku panggil perawatnya kalau aku mengigil...
terus akhirnya dikasih pemanas... agak lama sampai sensasi mengigil lenyap... tapi timbul sensasi lain yaitu sakiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit banget di bekas operasinyaa...

sampai akhirnya kembali ke kamar ... dengan kelelahan yang amat sangat.. ngantuk, tapiii gak bisa tiduur karena sakiit nya pake bangettt... jaauh lebih sakit dibanding operasi sebelumnya
Aku gak kuat, aku minta suami minta apa kek penahan nyeri.. kalaupun gak dicover BPJS gpp beli ajaa..
terus suami panggil perawat, lalu datanglah juga dokter.. cek ini itu sampe aku nangis karena gak nahan sakitnya saat perut dipencet2.. karena perut aku ternyata kembungg dan aku belum kentut tentunya...
akhirnya dikasih obat penahan nyeri dari dubur...

Alhamdulillah nyeri berangsur2 hilang sampai akhirnya keluargaku datang tentunya bersama babeh dan mama... rasanya jauh lebih legaa...

tapi sayang bayinya belum bisa dijenguk, karena masih diobservasi. Suami juga belum dibolehin ketemu bayi... jadi belum diazanin juga..

Selepas ashar baru deh.. Bisa ketemu si Salman juga... bisa langsung belajar nyusuin deh :)

Ohya gimana dengan BPJS bayi?
karena suamiku memang HRD kantornya yang udah biasa urus BPJS, jadi suami tahu banget seluk beluk BPJS..
kalau peserta BPJS mandiri (bayar sendiri) harus bikin kartu BPJS sebelum melahirkan..
nah karena kami dibayarin kantor suami, BPJS bayi baru bisa dibikin setelah ada surat keterangan lahir dari RS.
Niatnya mau langsung diurus di hari Jumat juga...
etapiii surat keterngan lahirnya baru bisa dikasih Sabtu, lah sednagkan kantor BPJS sabtu kan tutup tho...
Jadi suami sempat berdebat sama bagian pendaftarannya... kalau suami gak tahu celahnya, bisa jadi kami harus bayar mandiri untuk perawatan bayinya..
Jadi akhirnya disepakati (seperti sebelumnya suami sempat urus karyawan kantor lainnya) bahwa kartu BPJS harus sudah ada di hari Senin ... nah sebagai jaminan, kami harus menyerahkan uang sejumlah sekitar 1,5 juta kalau gak salah... kalau Senin gak diserahkan kartu BPJS bayinya, maka uangnya hangus.. kalau ada maka uangnya akan dikembalikan.. Deal! :D

Yasudah deh urusan adminitrasi sudah tenang...
aku juga bisa fokus untuk urus diri dan bayi...
Dan tetappp kendala yang aku hadapi itu kembung karena belum kentut... jadi itu nambah nyeri aja sii tapi Alhamdulillah sudah gak separah ketika habis operasinya..

Alhamdulillah hari Minggu siang kami sudah bisa pulang
Setelah suami menyelesaikan urusan administrasi di kasir termasuk menyerahkan uang jaminan 1.5 juta... Ohya obat penahan nyeri yang dimasukan ke dubur itu aku pikir bayar lagi, ternyata nggak kok...

Alhamdulillah dengan BPJS kami hanya mengeluarkan biaya untuk IUD saja...
lumayan kaan bisa hemat hampir 10 juta... jadi uangnya bisa disimpan untuk biaya masuk SD sayyid tahun ini...

terus gimana ada bedanya gak dengan pasien biasa?
beda yang paling nyata adalah bayi kami gak dicek lab untuk bilirubinnya... sedangkan untuk imunisasi Alhamdulillah sudah termasuk semua...

tadinya aku minta bayar mandiri aja.. tapi kata bidannya .. dokternya udah cek bayi dan gak ada yang perlu dikhawatirkan.. dan toh nilai bilirubin pasti naik setiap harinya... jadi kalau kondisi bayi kelihatannya sudah OK ya gak perlu juga

terus soal pelayanan Alhamdulillah thanks a lot juga untuk suster2, bidan dan dokter jaga RS Hermina Galaxy.. seriusss mereka itu raaaaaaaaaaaaamaaaah bangett... sampe2 aku sempet baca salah satu blog itu suster2 Hermina Galaxy udah kayak bidadari saking baek dan sabarnya.. gak ada deh ketemu suster jutek dan galak...

teruss untuk kontrol jahitan dijadwalkan tanggal 25 April kemarin ...
sempet nanya ke suster katanya prosedurnya seperti kontrol biasa yaitu harus daftar dulu ke atas ..
etapiii ternyataaaaaa harusnya kita langsung ajaaaaaa ke pendaftaran ... karena udah didaftarin sekalian...  udah dikasih nomor antrian pula...huhu sayang banget kaan datang pagi2 antri... udah gitu dokternya ada tindakan .. jadi yang biasanya jam stg 2 an dipanggil itu jam 4 an baru dipanggil

Sedangkan untuk kontrol bayi dirujuk kembali ke Faskes 1.
jadi sebelum ke RS, kami ke klinik dulu untuk cek Salman
Alhamdulillah sehat... 10 hari naik 3 ons sudah lumayan banget dengan ASI exlusif...

Dan sekarang ternyata udah 1 May yaaaaaaaaa huhu gagal deh 1 bulan 1 blog ...
kirain April itu sampai tanggal 31 ...

Jadi beginilah cerita sayaa
Semoga bermanfaat

Doakan semoga kami semua sehat terus...
Terimakasih buaaaaaaanyaak juga untuk temen2 dan sodara2 yang sudah menyempatkan nengokin ke RS juga ke rumah...
terimakasih BPJS
terima kasih RS Hermina Galaxy
terima kasih Klinik Amuna Medika
tentu terima kasih kepada suami tercintah, mama bapak sodara teman semuanyaaa

dan tentunya tidak lupa untuk bersyukur kepada Allah S.W.T atas kemurahan rezeki dan kasih sayangnya kepada kamii :)

Semoga semua sehat sehat terus yaa...
Love you all :)

47 comments:

  1. Aihhh welcome baby Salman :)
    Saya malah belum bikin kartu BPJS nih..parno duluan sama ribetnya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mak :)
      bikin aja mbak... ribet di awal aja sii.. lumayan banget penggunaannya :D

      Delete
  2. Semogaa sehat selalu semuanya .... Amiiiinn... TFS artikelnya bermanfaat siapa tau mau nambah lagi bisa pakai bpjs hihihi (^.^)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaminn
      terimakasih ya mak
      Sipp deeh.... semoga nambah lagi ya :D

      Delete
  3. Aku jg sekarang di hermina galaxy. Hmmm ga dapet paket sabun+washlab+sikat gigi seperti pasien pribadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh emang harusnya dapat ya... 2 SC sebelumnya si emang gak dapat di 2 RS berbeda :D

      Delete
  4. Setujuu, perawat di rs hermina memang baik baik, selamat yaa semoga jadi anak sholeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak salah mbak di hermina bekasi ya?
      Berarti pendidjkan perawat nya berhasil :-D
      Terimakasih ya..
      Doa.yg sama utk dedek bayi juga :-)

      Delete
  5. Selamat ya atas kelahiran anak ke 3 nya...
    Semoga menjadi anak yang sholeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin yaa rabbal 'alamiin
      terimakasih nih sudah dikinjungi BPJS :)

      Delete
  6. Mam, mau tanya donk
    sesar di rs hermina galaxi pake bpjs, di cover semua ama BPJS atau qt masih ada yang nombok?
    cz aq lagi hamil ank ke-3 ku. Nah kebetulan kembar, biasanya kalau periksa di hermina galaxi.
    Karna berhubung katanya kalau lahiran di hermina tuh mahal. Jadi aq masih takut mau sesar di hermina galaxi. selama pengalaman mam yang lahiran di hermina galaxi pake BPJS, ada yang qt tombok gk yah?
    kalau boleh tau kemaren bpjsnya pake yang kelas berapa mam?

    Mohon bantuannya yah mam, aq lagi pusing kalau lagi inget mau lahiran. Dan kebetulan aq belum buat BPJS nya. karna masih bingung :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mom..
      semua dicover kok mbak..
      cuman kalau memang pakai BPJS mandiri (bukan dari kantor), disiapin juga ya BPJS untuk bayinya sebelum lahiran... supaya bisa dicover sekalian... kalau belum dibuat, harus bayar untuk bayinya...

      BPJS saya waktu itu kelas 1..
      buat aja mbak BPJS... lumayan kan hemat bangettt...
      jangan lupa minta rujukan ke faskes 1 nya yaa

      Delete
    2. kalau menggunakan BPJS kantor apa ketentuannya beda yah mom?
      Terus kalau untuk BPJS bayi, anak kembar gini di cover dua-duanya gak yah?

      Delete
    3. kalau BPJS kantor, BPJS bayi baru bisa dibuat setelah dapat surat keterangan lahir dari RS (seperti cerita saya di atas)
      kal/web#view_type=kanban&model=project.task&menu_id=266&action=1201au mandiri, harus dibuat sebelum bayi lahir.. (ada peraturannya, tapi saya lupa berapa hari sebelum lahir)
      kalau kembar berarti buatnya 2 BPJS ya mbak...
      Semoga lancar yaa melahirkannya dan sehat semuanyyaa :)

      Delete
    4. Mom, aq khan udh buat bpjs bayiku yang kembar.
      Bpjs yang bayi ke 3 hrs di urus ama kantor.
      Bpjs yabg bayi ke 4 akhirnya urus mandiri.

      Nah mam, mau tanya donk. Klu bpjs bayi pas kantor itu khan bs di buat setelah bayinya lahir.
      itu peesyaratannya apa ajah?
      Cz hrd yg dibkantorku blm paham betul tentang bpjs bayi.
      mumpung suami mam, bagian hrd nih. Boleh dunk infonya. Cerita suaminya wktu ngurus bpjs bayi.
      Trs nanti yg qt tunjukin apa,klu udh di urua bpjs bayonya ama kantor.
      cz msh ketar ketir nihh mam mau lahiran. Anak yg ke 3 blm ke cover bpjs.
      mohon bantuannya yah mam

      Delete
    5. yang pasti surat keterangan lahir dari RS mom...

      Delete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. mba mau tanya, dkter yg gk nerima pasien bpjs di hermina galaksi itu dd.wulandari bukan?, soalnya aq kontrol ke dia..susah jg klo gk nrima pasien bpjs

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak... tapi mungkin kalau sudah sering kontrol di situ bisa kok untuk langsung sc pakai bpjs...
      yang gak bisa itu kontrol ke beliau dengan bpjs..

      Delete
  9. Mbak mw tnya surat rujukannya cm minta sekali aja, atau setiap qt mw kontrol ke rs qt minta surat rujukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekali untuk di bulan yang sama mbak...
      jadi kalau mbak bikin rujukan tanggal 2 Januari, ya berlaku sampai 31 Januari
      bahkan kalau mbak bikin di tanggal 30 Januari ya belaku juga sampai 31 Jnauari saja.
      jadi setiap bulan harus minta rujukan baru...

      jangan lupa surat rujukan aslinya disimpan..
      setiap kali ke RS harus bawa rujukan asli

      Delete
  10. salam kenal mba,
    aku kontrol dari awal di hermina jatinegara dgn biaya pribadi. uk 32w, kalau kontrol di faskes 1 dan minta rujukan bpjs utk lahiran di hermina jatinegara telat ga ya? so far kandungan ku normal, tp aku baca2 katanya kalau bpjs yg dicover cuma sc aja. jadi bingung..
    trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak nadya...
      iya setahuku kalau pakai bpjs, lahiran normal itu musti di Faskes 1 nya...
      atau di bidan/klinik rujukan faskes... itu pun gak ditanggung sepenuhnya, hanya bisa reimburse sekitar 600ribuan kalau gak salah...
      kalau di RS, setahuku gak bisa...
      kecuali kalau memang kehamilan beresiko bisa minta rujukan utk lahiran normal di RS...
      Sebisa mungkin lahiran normal aja ya mbak..

      karena SC itu gak enak sama sekalii

      Delete
  11. Aslmkm mb... Boleh minta pin bb atau wa ? Saya rencana juga sc di hermina galaxy dg bpjs.. ada banyak hal yang mau saya tanyakan dg mbak.. jika berkenan mohon pin atau wa nya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kirim email nya mbak... saya nanti kirim via email

      Delete
    2. Ok mb... email laurel_87@yahoo.com
      Saya tunggu ya mb...mksih Sblmnya

      Delete
  12. Mba bpjs nya kelas 1 ya,trs ruang rawat inapnya itu dikelas 1 jg atau gmn mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kelas 1, dapatnya saat itu kelas 2 mbak ..
      yang aku dengar2 sii, kalau di RS Swasta jarang dapet kelas 1 juga :)

      Delete
  13. Siang mba siti mau tanya waktu SC di rs hermina pakai bpjs itu ruang perawatannya di kelas 1 sesuai sama kelas bpjsnya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapatnya saat itu kelas 2 mbak ..
      yang aku dengar2 sii, kalau di RS Swasta jarang dapet kelas 1 juga :)

      Delete
  14. selaaamatttr...guglung bpjs jadi kwesini. brarti skrg dah endut Salman ya ^^

    ReplyDelete
  15. gugling maksudku...duh typo xD maaf ya

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah sudah mbak :)
    gendut, aktif Alhamdulillah

    ReplyDelete
  17. waaah...saya lagi hamil anak ketiga, 4 bulan. baru bikin bpjs.

    jd kl mau melahirkan di rs kudu minta rujukan dulu ya? sedangkn kl minta sc berarti ga dicover ya mbak?

    soalnya saya khawatir kejadian kyk anak kedua. udah bukaan lengkap tapi ga bisa keluar. akhirnya dilarikan ke rs dan di-sc.

    maunya melahirkn di rs aja yg lengkap. kl ada keadaan darurat biar ga usah dilarikan segala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. dan sebaiknya kalau anak ke-2 dan sebelumnya SC, lahirannya di RS langsung, karena khawatir ada kondisi darurat yang harus segera SC saat itu juga.
      jadi dianggapnya melahirkan dnegan resiko sc.. karena itu musti minta rujukan.

      Delete
  18. Hallo mbak siti. Aku mau nanya nih, kebetulan lagi nyari2 RS buat lahiran anak kedua. Hamil kedua kebobolan mbak.huhu. Karna anak pertama SC kemungkinan yg ke2 juga SC karna kalo normal takut robek jahitannya. Karna aku hamil lagi dalam waktu yg cepet banget setelah lahiran. Aku mau nanya mbak, pas SC di hermina galaxy totally free apa ada biaya2 diluar bpjs? Kebetulan skrg di bekasi di rumah suami. Asli tinggal di jkt. Kebetulan alamat di ektp masih di jkt, bisa nggak ya kira2? Dan untuk minta rujukan ke RS harus konsultasi ke puskesmas atau bidan terdekat ya? Aku belom pernah pakai bpjs sebelumnya jadi maklum masih awam. Hehehe thanks mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mbak angela.. iya full free kok mbak.. aku cuma nambah utk pasang IUD 500ribu.
      iy aharus minta rujukan dari faskes tingkat 1 yang sesuai dengan kartu bpjs nya.
      kalau mau pindah ke bekasi, setahu aku harus pindah faskes dulu.

      Delete
  19. alhamdulillah yah mba.. aku baca blog nya asa deg deg an juga pas bagian stelah operasi.
    anyway.. aku bakal sesar pake bpjs juga, the problem is di rsia aku ini ntar klo mau obat yg paten harus naik kelas.. krn klo full bpjs, obat yg aku dapet generic n bakal sakit bgt kata dokternya klo pake obat bpjs itu. aku di kls 1 bpjs, jd musti naik ke vip... bayarnya skitar 15jt belum ini itu. hauufh... ktanya aturan baru bpjs gak bisa nambah selisih biaya obat aja. Entah ini bner ga si.. semoga lancar semua nanti. mohon doanya yaaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm kayaknya kalau dibilang yg dapat generic bakal sakit banget nggak deh...
      karena dulu gak pake generic tetep sakit hwehehehe
      aku belum tahu deh kalau aturan baru gimana
      tapi ya kemarin itu cuma bayar 500ribu utk pasang IUD aja mbak

      semoga lancar sehat ibu dan bayinya ya.. Amamiiin :)

      Delete
  20. Salam kenal mba, mau tny bbrp hal ini soalnya baru bikin bpjs hehehe
    untuk ke rs hermina galaxy hrs minta rujukan kefaskes 1 ya?kalau faskes 1 menyatakan tdk perlu dirujuk ke rs bgmn?cukup kontrol di faskes 1 saja,apa tetap bisa minta surat rujukan?krn untuk dokter kandungan/anak kyknya lebih prefer ke rs deh hehehee....
    oiy untuk hermina galaxy faskes 1 yg serayon diklinik mana y?infonya hrs 1 rayon ya?tdk bebas pilih rs yg dituju?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mbak...
      iya harus dapat rujukan dulu...
      kalau tidak dapat ya gak bisa, harus bayar pribadi.. karena konsepnya memang ke RS kalau faskes 1 tidak sanggup menangani (butuh operasi atau kehamilan beresiko)
      iya harus 1 rayon (atau apa ya namanya) kalau saya di daerah bantar gebang mbak :)

      Delete
  21. Mba kalo mau naik kelas misal dari kelas 2 ke kelas vip tinggal bayar lebih nya aja ya mba di rs yg bersangkutan? Ga harus ngurus ke faskes atau kantor bpjs nya lagi?

    ReplyDelete
  22. Mbak, mau tanya ni, kalo kontrol jahitan pasca sc nya d cover bpjs juga gk ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul pak... kontrol jahitan pertama pasti dicover dan sudah dijadwalkan sejak keluar dari RS

      Delete
  23. Assalaamu'alaikum Mbak, Mbak mau tanya apakah RS rujukan dari faskes 1 itu ditentukan oleh Faskes 1 nya atau kita dapat menentukan sendiri?
    Agar dapat dirujuk ke RS Hermina Grand Wis, biasanya menggunakan Faskes1/klinik mana saja ya mungkin mbak ada referensi (kalau bisa daerah cikarang)? insya Allah saya melahirkan secara Cessar.

    ReplyDelete
  24. Halo mba, mau tanya alasan RS nya mba dikasih kamar pasien kelas 2 apa? Soalnya saya pake bpjs kelas 1

    ReplyDelete